Management Trainee (MT) bukanlah hal yang asing lagi bagi para lulusan baru yang sedang gencar mencari kerja. Mereka beranggapan bahwa profesi Management Trainee ini bisa dijadikan batu loncatan bagi karir selanjutnya di masa depan. Perusahaan juga kerap kali menerima fresh graduate sebagai peserta dari program ini karena mereka yang baru lulus ini masih belum memiliki pengalaman kerja di perusahaan. Sehingga, lulusan baru yang menjadi Management Trainee akan lebih mudah diarahkan dan “dibentuk” sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Namun, masih ada beberapa anggapan yang menyamakan program Management Trainee dengan program magang. Padahal, dua program ini sangat berbeda dari segi tugas dan tanggung jawab.
Beberapa contoh perusahaan yang menyediakan lowongan Management Trainee di antaranya adalah Global Leaders Program Shopee, Management Trainee STAR Nestle, Unilever Future Leaders Programme, dan masih banyak lagi. Simak artikel Kognisi.id ini sampai selesai agar Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan Management Trainee, besaran gaji, jenjang karir, dan tugasnya sehari-hari.
Apa Itu Management Trainee?
Management Trainee adalah sebuah program perekrutan dan pelatihan calon karyawan baru (trainee) yang diawasi oleh manajer atau penanggung jawab lainnya sebelum secara resmi bekerja di suatu perusahaan. Program yang mempelajari tentang seluk-beluk bisnis, pemasaran, produksi, penjualan, operasional dan juga profil perusahaan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan para calon karyawan untuk menjadi jajaran manajerial perusahaan tersebut di masa depan.
Selama menjalani program, Management Trainee akan dirotasi agar dapat “mencicipi” setiap divisi yang ada di perusahaan penyelenggara. Pengetahuan dan pengalaman Management Trainee akan terus bertambah setiap harinya sampai nanti siap direkrut secara resmi oleh perusahaan. Sehingga, Management Trainee ini akhirnya menjelma menjadi seorang profesional.
Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Management Trainee?
Sebelum mengikuti programnya, ada baiknya calon karyawan baru memiliki dan mengasah kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Management Trainee yang berkualitas. Apabila Anda adalah seorang fresh graduate yang masih mencari tahu apa potensi dalam diri Anda, yuk coba cek potensi di Kognisi.id supaya nantinya bisa mengembangkan potensi tersebut. Nah, berikut ini adalah daftar beberapa skill yang harus dimiliki Management Trainee:
1. Sikap Leadership
Sikap leadership atau kemampuan untuk memimpin wajib dimiliki Management Trainee karena nantinya mereka akan menjadi Manajer yang memimpin, mengawasi, dan memastikan timnya bisa mencapai tujuan perusahaan. Anda bisa menggali potensi leadership tersebut dengan mengikuti kelas berkategori leadership bersama para profesioanl di Kognisi.id by Kompas Gramedia.
2. Komunikasi yang Baik
Sebagai calon pemimpin bagi timnya, Management Trainee harus bisa berkomunikasi dengan baik agar bisa menyampaikan segala bentuk pesan dengan baik pula. Komunikasi yang baik bisa menjadi perekat hubungan satu tim, di mana ini merupakan faktor penting agar setiap orang di dalam tim tersebut bisa bekerja sama dengan baik.
Ikutilah kursus “Cara Mengomunikasikan Ide dengan Efektif” bersama General Manager Marketing Communication & Activation KG Media General Manager of StratX Kompas Gramedia Burat Pangeran yang tersedia di Kognisi.id agar semakin mantap berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, ada juga kelas “Membangun Dinamika Komunikasi yang Efektif dalam Organisasi” bersama AMBIZ Founder, A Grand Strategist & Executor Rani Soebijantoro dan Strategic Partnership Lead at Growth Center Sulyana Andikko.
3. Kemampuan Problem Solving
Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah menjadi salah satu skill yang sangat penting dan dibutuhkan dalam bekerja. Hal ini dikarenakan tidak ada perusahaan yang tidak mempunyai masalah. Apabila Management Trainee menguasai skill ini, maka ia akan menjadi kandidat Management Trainee yang sukses. Kelas “Mengatasi Konflik Tanpa Gaduh” bersama President Director of BR2C Victor Chandrawira yang tersedia di Kognisi.id by Kompas Gramedia dapat membantu untuk mengasah kemampuan problem solving Anda.
4. Fasih Berbahasa Asing
Di zaman globalisasi ini, kefasihan untuk berbahasa selain bahasa Ibu adalah wajib hukumnya. Apalagi dengan digitalisasi, hubungan dengan dunia internasional hanya sebatas jari yang mengetik atau mengetuk gadget saja. Management Trainee diharapkan bisa berbahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau bahasa lain yang sekiranya dapat digunakan bagi kelangsungan perusahaan, seperti untuk presentasi, meeting, dan sebagainya. Kognisi.id menyediakan kursus bahasa yang bisa diikuti untuk mengasah kemampuan Anda.
5. Kemampuan Adaptasi yang Baik
Management Trainee diharapkan untuk memiliki kemampuan adaptasi yang baik karena keadaan perusahaan tidak akan bisa diprediksi. Selain itu, seperti yang sebelumnya disebutkan, Management Trainee akan dirotasikan untuk bekerja di setiap divisi yang ada di perusahaan. Mereka yang tidak memiliki kemampuan adaptasi akan kesulitan untuk menjadi Management Trainee. Pelajari kiat-kiat beradaptasi menuju sukses dengan mengikuti kelas di Kognisi.id by Kompas Gramedia yaitu “Jurus Jitu Naik Jabatan: Prestasi, Adaptasi, dan Negosiasi” bersama Professional Practitioner Speaker Riza Perdana Kusuma.
6. Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik
Selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional juga merupakan satu hal terpenting yang harus dimiliki Management Trainee. Sebab, kecerdasan emosional ini akan terhubung dengan kemampuan Management Trainee untuk mengatasi masalah, beradaptasi, dan bekerja dalam satu tim. Oleh karena itu, daftarkan diri Anda ke Kognisi.id dan ikuti kelas “Emotional Agility: Cara Mumpuni Kelola Emosi” bersama Psychologist, Learning Facilitator Elsa Christine.
7. Memiliki Pengetahuan tentang Komputer
Digitalisasi sudah merebak ke berbagai sektor kehidupan masyarakat, tak terkecuali sektor pekerjaan. Management Trainee diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang komputer agar dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari yang menggunakan teknologi tersebut. Management Trainee yang paham teknologi level advance pastinya akan mendapat nilai plus di mata perusahaan.
8. Dewasa dalam Bersikap
Dinamika yang ada di dalam perusahaan tidak melulu lurus dan tanpa masalah. Ada kalanya permasalahan harus diselesaikan dengan kepala dingin agar bisa menghasilkan solusi terbaik bagi masing-masing individu terkait dan juga perusahaan. Oleh karena itu, Management Trainee diharapkan bisa dewasa dalam bersikap.
9. Berpengalaman dalam Bidang Terkait
Meskipun Management Trainee mayoritas diikuti oleh para lulusan baru, mereka yang memiliki pengalaman di bidang terkait saat mata kuliah praktik di universitas, magang, atau organisasi memiliki nilai plus di mata perusahaan. Dengan pengalaman tersebut, Management Trainee akan lebih mudah saat diberikan arahan dan dapat beradaptasi lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki pengalaman sama sekali sebelumnya.
10. Memiliki Ketertarikan dalam Dunia Bisnis dan Management
Bekerja tanpa passion akan membuat seseorang sering mengeluh dan tidak bekerja secara maksimal. Maka, Management Trainee yang memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis dan management bisa bekerja sesuai dengan minatnya dengan optimal dan mencapai kesuksesan. Anda bisa menggali ketertarikan lebih dalam mengenai bisnis dengan mengikuti kelas kategori bisnis yang tersedia di Kognisi.id by Kompas Gramedia.
Gaji Management Trainee dan Jenjang Karirnya
Gaji Management Trainee terbilang sangat menggiurkan bagi para fresh graduate yang masih baru dalam dunia pekerjaan. Rp 6.300.000 – Rp 11.625.000 merupakan kisaran gaji Management Trainee yang bisa didapatkan para lulusan baru dan bisa meningkat seiring dengan jam terbang dan promosi yang didapatkan (menjadi Supervisor, Manajer, dan sebagainya). Wah, jadi semakin tertarik untuk menjadi Management Trainee ya! Namun, ada beberapa kebijakan berbeda untuk gaji Management Trainee tergantung dari perusahaan dan daerah tempat tinggalnya.
Jenjang karir yang dimiliki Management Trainee juga cukup luas. Jika ditekuni dengan kinerja yang optimal, seorang Management Trainee bisa menjadi Branch Manager yang bertanggung jawab untuk memantau seluruh kegiatan operasional bisnis di cabang-cabang perusahaan. Selain itu, mereka juga bisa menjadi Business Development Manager yang bertanggung jawab untuk berinovasi pada pengembangan bisnis. Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk menjadi Management Trainee?
Keuntungan Mengikuti Management Trainee
Selain keuntungan materi yang sebelumnya sudah dibahas, ada beberapa poin lain yang menjadi keuntungan apabila Anda mengikuti program pekerjaan Management Trainee suatu perusahaan:
1. Mengasah Kemampuan Leadership
Management Trainee disiapkan untuk menjadi pemimpin. Sehingga, nantinya mereka bisa menjadi pemimpin yang baik dan berkarakter untuk masa depan perusahaan. Mereka juga akan dibekali dengan ilmu-ilmu tentang leadership yang sangat berguna bagi karir mereka nantinya.
2. Melatih Hard Skill dan Soft Skill
Saat pelatihan, Management Trainee akan diberi bekal hard skill seperti cara membuat copywriting yang baik, pengetahuan dasar komputer, bahasa asing, dan sebagainya. Kemudian, mereka akan mendapatkan pelatihan soft skill seperti cara mengelola emosi, cara berkomunikasi, negosiasi, berpikir kreatif, dan sebagainya. Hard skill dan soft skill sangat penting untuk dikuasai oleh Management Trainee.
3. Melatih Kerja Sama Tim yang Baik
Menjadi Manajer yang baik berarti harus bisa bekerja sama dalam tim. Tim yang kompak dan memiliki performa baik berarti keberhasilan bagi Manajer juga.
4. Membantu Anda untuk Bekerja Sesuai dengan Minat dan Bakat
Karena sistem rotasi yang dijalani Management Trainee, mereka jadi bisa merasakan tiap divisi berbeda dan mampu memutuskan divisi atau pekerjaan apa yang paling sesuai dengan minat dan bakat mereka.
5. Memiliki Jenjang Karir yang Menjanjikan
Para pencari kerja berbondong-bondong untuk mengikuti program Management Trainee karena jenjang karir yang menjanjikan setelah program ini selesai. Management Trainee yang memiliki performa baik berpotensi untuk langsung direkrut perusahaan.
6. Memiliki Networking Profesional yang Luas
Durasi program yang relatif panjang membuat para Management Trainee saling mengenal satu sama lain dengan baik dari hari ke hari. Bukan itu saja, mereka sesungguhnya juga sudah bertemu dengan para senior dan petinggi perusahaan.
7. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Pelatihan yang diterima Management Trainee tidak hanya bermanfaat bagi mereka, melainkan juga bermanfaat sebagai pengingat bagi karyawan senior tentang nilai-nilai yang dimiliki perusahaan.
8. Menjamin Ketersediaan Sumber Daya Manusia yang Mumpuni di Bidangnya
Adanya program Management Trainee yang memberikan pelatihan bagi para lulusan baru universitas menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Mengapa? Karena selama pelatihan berlangsung, Management Trainee mendapatkan banyak pelatihan yang sekaligus mengasah potensi di dalam dirinya.
Apa Saja Tugas Management Trainee?
Berikut ini adalah daftar tugas-tugas yang harus dilakukan Management Trainee selama programnya berlangsung:
- Memenuhi seluruh persyaratan untuk mengikuti management trainee
- Membantu menyelesaikan tugas yang diberikan setiap harinya
- Memahami dan memastikan perusahaan menerapkan SOP yang berlaku
- Membantu urusan administratif perusahaan
- Membantu manajer untuk mengevaluasi kerja dan menganalisis data
- Membantu tugas-tugas personalia
- Mengikuti pembelajaran dan pengamatan langsung di perusahaan
- Mempersiapkan dan melakukan presentasi saat diminta
- Menerima kritik, masukan, dan pelajaran dari supervisor, manager, atau senior lainnya di perusahaan untuk meningkatkan kualitas Management Trainee
- Mengambil bagian untuk membantu meningkatkan profit dan menurunkan risiko perusahaan
- Menyanggupi untuk mengikuti peraturan yang ada di perusahaan
- Mengikuti dan turut andil dalam meeting, workshop, dan pelatihan yang diadakan perusahaan
- Saling belajar dari pengalaman kerja bersama rekan Management Trainee lainnya
- Menyanggupi jika ditugaskan ke perusahaan cabang di luar kota
- Mengikuti evaluasi dan ujian saat sesi training berakhir
Proses Rekrutmen Management Trainee
Proses rekrutmen Management Trainee memang berbeda antara satu dan lainnya. Namun, secara umum, proses pemilihan peserta trainee suatu perusahaan bisa dirangkum seperti ini:
- Rekrutmen Management Trainee bisa memakan waktu dari 2–7 bulan dengan seleksi bertahap sebanyak 7 kali.
- Mengikuti pelatihan Management Trainee, tetapi belum menjadi karyawan tetap perusahaan yang bersangkutan.
- Management Trainee tidak dapat mengajukan cuti saat mengikuti pelatihan.
- Management Trainee dapat diberhentikan sewaktu-waktu apabila tidak memenuhi syarat atau melakukan hal buruk selama pelatihan berlangsung.
- Jika diterima, management trainee harus siap untuk ditempatkan di cabang perusahaan yang ditetapkan.
Asah Skill Anda bersama Para Profesional di Kognisi.id Agar Sukses Mengikuti Management Trainee
Demikianlah penjelasan tentang program Management Trainee. Jangan ragu untuk mengasah skill Anda di Kognisi.id by Kompas Gramedia karena seluruh kelasnya dibimbing oleh narasumber yang profesional di bidangnya. Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dan pilih kelasnya sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini membantu dan yuk, daftar akun kognisi.id gratis sekarang!
Penulis: Tami Kira