Berkomitmen untuk bekerja secara profesional pada satu instansi atau perusahaan menjadi nilai plus bagi karyawan. Namun, ada kalanya beberapa alasan berikut ini menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya:
- merasa tidak bisa berkembang lebih jauh lagi
- jenjang karir yang terbatas
- ada masalah keluarga yang mempengaruhi pekerjaan
- memiliki masalah internal dengan kolega
- lingkungan kerja yang tidak lagi mendukung performa karyawan
- harus berpindah tempat tinggal, kota, atau negara
- gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan
- merasa jenuh dan ingin mencoba sesuatu yang baru
- mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik dan menarik
- melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
- dan sebagainya
Meskipun niat mengundurkan diri sudah jelas terlihat, tetap harus ada itikad baik dari karyawan untuk mencari tahu cara bikini surat pengunduran diri yang baik, layak, dan sopan serta mengajukannya kepada perusahaan yang selama ini sudah menjadi tempatnya mencari nafkah. Surat pengunduran diri adalah surat yang menjadi bukti resmi bahwa seorang karyawan berhenti dari pekerjaan dan jabatannya di perusahaan saat ini yang ditujukan kepada Human Resource Development (HRD) dan juga atasan.
Jenis surat pengunduran kerja ini ada dua macam, yakni surat pengunduran diri one month notice dan two weeks notice:
- Surat pengunduran diri one month notice adalah surat pengunduran diri yang ditulis dan diserahkan sebulan sebelum Anda berhenti bekerja. Biasanya perusahaan-perusahaan menerapkan kebijakan pemberitahuan one month notice ini.
- Surat pengunduran diri two weeks notice tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya saja, jenis surat pengunduran diri yang satu ini terkesan terburu-buru karena hanya berselang dua minggu saja untuk mempersiapkan pengunduran diri.
Kali ini, Kognisi.id by Kompas Gramedia akan memberikan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Yuk simak artikel ini sampai selesai ya!
10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Surat Pengunduran Diri
Selain menyiapkan surat pengunduran diri yang baik dan benar, berikut ini adalah 10 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat surat, saat menjalani masa tunggu, dan setelah mengajukan surat pengunduran diri kerja karyawan:
- Bicarakan dulu dengan atasan Anda secara baik-baik
- Mengajukan surat pengunduran diri selambat-lambatnya satu bulan (30 hari) sebelum tanggal pengunduran diri
- Tetap melaksanakan tugasnya sampai tanggal pengunduran diri
- Patuhi waktu pengunduran diri setelah mengajukan surat
- Tidak sedang terikat ikatan dinas
- Tidak sedang dalam masa kontrak
- Mengembalikan aset-aset milik kantor
- Mempersiapkan diri akan adanya negosiasi ulang dari pihak kantor
- Melakukan serah terima pekerjaan kepada orang yang didelegasikan
- Mengikuti kelas pengembangan diri di Kognisi.id by Kompas Gramedia sebagai bekal bekerja di tempat selanjutnya
Jika Anda melakukan 10 hal di atas, pastinya perusahaan Anda akan menanggapi pengunduran diri Anda secara terbuka dan bisa tetap memiliki hubungan baik ke depannya. Jangan sampai meninggalkan kesan buruk, karena hal itu bisa jadi mempengaruhi reputasi Anda sebagai pekerja di masa depan. Maka dari itu, Anda harus mempelajari cara bikin surat pengunduran diri yang baik agar tidak ada rasa dendam dan tetap memiliki kesan yang baik.
5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Surat Pengunduran Diri
Sebelum melihat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, berikut ini adalah 5 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menulis atau menyiapkan surat pengunduran diri:
Pemilihan Kata yang Baik dan Sopan
Alasan apapun yang membuat Anda berhenti bekerja tidak boleh mempengaruhi Anda untuk menulis surat dengan kalimat yang buruk dan tidak sopan. Karena pada kenyataannya perusahaan tersebut merupakan tempat mencari nafkah dan menyambung hidup. Hormatilah perusahaan dan juga atasan yang sudah membimbing Anda saat bekerja dengan menuliskan surat yang pilihan kata-katanya baik dan sopan. Sebisa mungkin gunakan gaya penulisan formal karena surat ini menjadi bukti resmi pengunduran diri Anda.
Identitas Diri yang Jelas dan Lengkap
Pastikan Anda menuliskan identitas diri yang jelas dan lengkap, seperti nama, jabatan di instansi atau perusahaan, departemen, lama bekerja (termasuk tanggal masuk dan keluar perusahaan), nomor induk karyawan (NIK) atau ID karyawan, dan sebagainya.
Alasan Pengunduran Diri
Tuliskan alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dengan jujur tetapi tetap dalam bahasa baik dan sopan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada pihak yang merasa tersinggung dan tetap bisa menjaga hubungan baik walaupun tidak lagi menjadi kolega di perusahaan yang sama.
Tulis Permohonan Maaf
Dengan rendah hati, tulislah permohonan maaf kepada atasan dan juga pihak-pihak terkait karena Anda tidak lagi dapat bekerja di perusahaan mereka. Karena bagaimanapun juga, Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dan mengabdikan diri kepada perusahaan yang sudah mempekerjakan Anda selama ini.
Tulis Ucapan Terima Kasih
Meskipun tidak lagi bekerja di satu atap yang sama, Anda tetap harus menuliskan rasa terima kasih dalam surat pengunduran diri Anda. Karena selama bekerja, Anda pastinya mendapatkan ilmu pengetahuan, bimbingan, dan juga pengalaman yang sangat berarti untuk menjadi bekal saat Anda memutuskan untuk bekerja lagi nantinya. Ucapan terima kasih akan mencerminkan kerendahan hati dan juga profesionalisme Anda.
Struktur Surat Pengunduran Diri dari Tempat Kerja yang Baik dan Benar
Tidak seperti menulis surat pada umumnya yang ditujukan kepada sahabat pena, menulis surat pengunduran diri haruslah dengan struktur berikut ini:
Kota dan Tanggal Menulis Surat Pengunduran Diri
Nama kota dan tanggal pembuatan surat dapat dituliskan pada bagian header atau atas sebuah pesan. Tanggal ini yang nantinya akan menjadi acuan one month notice atau two weeks notice bagi perusahaan.
Nama Atasan Anda dan Alamat Perusahaan
Tuliskan nama atasan dan alamat perusahaan tempat Anda bekerja saat ini secara jelas dan lengkap.
Kata Pembuka
Berisi salam pembuka yang sopan, nama lengkap Anda, dan jabatan di perusahaan saat ini. Kemudian disusul dengan alasan mengundurkan diri dan tanggal mulai berhenti bekerja.
Isi Surat
Berisi ucapan terima kasih atas pengalaman, ilmu, dan kebersamaan, permohonan maaf apabila pernah salah saat menjalankan tugas, dan juga permohonan surat referensi bila diperlukan.
Kata Penutup
Berisi harapan-harapan untuk perusahaan dan kesuksesannya dan juga salam perpisahan Anda. Kemudian, tuliskan nama lengkap dan juga tanda tangan Anda.
Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar
Agar mendapatkan restu untuk mengundurkan diri dari perusahaan di dalam maupun luar negeri, Anda harus menuliskan surat pengunduran diri yang sesuai dengan latar belakang perusahaan Anda. Berikut ini adalah beberapa template atau contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar serta contoh email pengunduran diri dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris:
Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar dalam Bahasa Indonesia
Yogyakarta, 9 September 2019
Kepada Yth.
[jabatan atasan Anda]
[alamat perusahaan/ kantor Anda]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: [nama lengkap Anda]
Departemen : [departemen tempat Anda bekerja]
Jabatan : [jabatan Anda di departemen tersebut]
No. Induk Karyawan (no. ID) : [nomor ID Anda]
Melalui surat ini, saya selaku karyawan [nama perusahaan] ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari pekerjaan sebagai [jabatan Anda] terhitung mulai [tanggal yang Anda inginkan]. Adapun alasan saya mengajukan surat ini karena [alasan Anda mengundurkan diri].
Surat ini dibuat sesuai dengan perjanjian kontrak kerja yang disetujui oleh karyawan dan perusahaan, serta mengikuti peraturan perundang-undangan kerja dan prosedur dari [nama perusahaan Anda].
Saya ucapkan banyak terima kasih atas segala kesempatan dan pengalaman kerja selama [jumlah tahun bekerja] ini. Terima kasih pula saya haturkan kepada teman-teman sejawat yang sudah membantu saya dalam menjalankan tugas. Tidak lupa, saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk keluar dari keluarga besar [nama perusahaan] dan juga atas kesalahan yang pernah saya perbuat selama bekerja.
Demikian surat ini saya sampaikan. Semoga [harapan bagi perusahaan].
Hormat saya,
[tanda tangan]
[nama terang Anda]
Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar dalam Bahasa Inggris
Yogyakarta, May 11th, 2021
To
[nama atasan Anda]
[jabatan atasan Anda]
[alamat perusahaan/ kantor Anda]
Dear Sir/ Madam,
I would like to send you the letter of resignation from my position as [jabatan Anda] of [nama perusahaan], effective by the end of this month.
I will be resigning due to [alasan resign] so it might be best for me to leave this company. I’m so fortunate to have the opportunity to learn and grow with [nama perusahaan]. Thank you so much for your support in this past [lama Anda bekerja] years. Also, I apologize for the mistakes I’ve ever done to you and the company.
I hope that we could stay in touch although I’m no longer working with you.
Wish you all the very best and success.
Best regards,
[tanda tangan Anda]
[nama terang Anda]
Contoh Email Pengunduran Diri dalam Bahasa Indonesia
To : [alamat email atasan dan pihak terkait]
Subject : Permohonan Pengunduran Diri [nama lengkap Anda]
Yang terhormat,
[jabatan atasan]
di tempat
Dengan hormat,
Saya [nama lengkap Anda] mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan [jabatan Anda] di [nama perusahaan] dengan alasan [alasan singkat penyebab resign] terhitung mulai [tanggal pengunduran diri].
Dengan penuh rasa syukur, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah [nama perusahaan] berikan selama kurang lebih [lama bekerja] ini. Terima kasih pula kepada para kolega yang turut membantu saya tumbuh dan berkembang hingga bisa jadi seperti sekarang. Saya pun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pernah melakukan hal yang tidak berkenan selama bekerja.
Saya harap [nama perusahaan] bisa semakin maju dan berkembang.
Sekali lagi terima kasih dan demikian surat ini saya sampaikan.
Hormat saya,
[nama terang Anda]
Contoh Email Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris
To : [alamat email atasan dan pihak terkait]
Subjek : Resignation Email of [nama lengkap Anda]
Dear Sir/ Madam,
I, [nama lengkap Anda], would like to inform you that I’m resigning from my position as [jabatan Anda] in [nama perusahaan] due to [alasan resign] a month from now.
I’m so grateful for the wonderful experiences and the opportunities for my professional and personal development these past few years. It’s such a wonderful journey that I ever had with you all.
Don’t hesitate to contact me if you need help training the newcomers to this company.
Also, I wish you success and see you on the top.
Warm regards,
[nama terang Anda]
Tinggalkan Kesan Baik dengan Surat Pengunduran Diri yang Baik Pula
Nah, demikianlah artikel Kognisi.id yang berisi cara bikin surat pengunduran diri yang jelas dan tepat. Contoh-contoh surat pengunduran baik dan benar di atas bisa Anda jadikan referensi dan juga template jika suatu saat nanti memutuskan untuk berhenti atau beristirahat dari pekerjaan. Tinggalkan kesan yang baik dengan surat pengunduran diri terbaik Anda.
Setelah resign ataupun saat mencari pekerjaan baru, Anda juga bisa meningkatkan soft skill serta hard skill dengan mengikuti kelas-kelas pengembangan diri yang disediakan Kognisi.id by Kompas Gramedia loh. Berbekal ilmu dan keahlian yang bertambah bisa menjadi nilai plus untuk pekerjaan baru Anda. Semoga bermanfaat dan ayo daftar kursus di Kognisi.id sekarang!
Penulis: Tami Kira