Berbagai lini bisnis dewasa ini sudah mengintegrasikan praktik digital marketing dalam strategi untuk memaksimalkan jangkauan bisnisnya. Salah satu kiatnya adalah dengan merancang dan mengeksekusi strategi content marketing yang mumpuni. Dengan strategi dan eksekusi yang selaras, brand dapat menjangkau dan berinteraksi dengan target market yang tepat, serta menghasilkan transaksi-transaksi menguntungkan. Sebagai hasilnya, brand akan berkesempatan lebih besar untuk mengembangkan lini bisnisnya secara konsisten.

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah salah satu pilar krusial dalam strategi digital marketing. Melansir Content Marketing Institute, content marketing merupakan teknik pemasaran strategis yang melibatkan proses pembuatan dan distribusi content bernilai dan relevan secara konsisten untuk menarik dan mengakuisisi audience yang sesuai, dengan tujuan akhir mendapatkan transaksi yang menguntungkan.

Dengan memanfaatkan content marketing, Anda dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara konsisten dengan target audience. Melalui content-content informatif, edukatif, dan solutif, Anda juga dapat menyajikan solusi-solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh target market. Karena itu, strategi content marketing populer diterapkan baik oleh perusahaan besar maupun UMKM.

Apa Manfaat Content Marketing Untuk Bisnis?

Manfaat Content Marketing Untuk Bisnis

Strategi content marketing yang efektif membawa banyak manfaat bagi bisnis. Salah satunya adalah kemampuan content marketing untuk membantu brand membangun online presence dan mendapatkan audience online. Tidak hanya sekedar mendapatkan audience, brand juga berkesempatan mengenal dan memahami demografisnya. Sehingga, dapat merancang produk dan strategi pemasaran holistik yang tepat sasaran.

Selain itu, content marketing juga berpotensi meningkatkan efisiensi dalam bisnis. Melalui rangkaian content yang terpeta dan terjadwal dengan baik, brand akan dapat mengidentifikasi tipe-tipe content yang disukai oleh audience serta menghasilkan konversi. Dengan demikian, brand dapat memaksimalkan usahanya untuk mengembangkan content-content serupa, alih-alih hanya memproduksi content tanpa arah dan menerka-nerka preferensi audience.

Manfaat lainnya adalah, content marketing menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan traffic secara organik. Hal ini dapat dicapai melalui praktik SEO. Ketika diterapkan secara efektif, SEO membantu website untuk mendapat peringkat yang tinggi dalam SERP (search engine results pages). Untuk mencapai hal tersebut, brand dapat melakukan keyword research untuk mengidentifikasi top keyword yang dicari oleh target audience. Kemudian, memanfaatkan informasi tersebut untuk merancang content-content yang relevan dan bernilai tambah.

Strategi content marketing yang efektif juga dapat membantu brand dalam melebarkan online audience-nya. Hal tersebut dapat dicapai dengan secara konsisten mengikuti perkembangan industri, merancang content berkualitas, berinteraksi dengan audience secara teratur, serta memilih media komunikasi yang tepat untuk menjangkau audience.

Tips dan Trik Mengembangkan Strategi Content Marketing

Mengembangkan Strategi Content Marketing

1. Kenali dan pahami audience

Content dengan storytelling yang menarik tetap tidak akan efektif apabila disampaikan ke audience yang tidak tepat. Oleh karena itu, mulai rancang strategi content marketing Anda dengan mengumpulkan informasi demografi target audience: mulai dari usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan, hingga topik-topik yang menarik perhatian mereka. Padukan informasi tersebut dengan tujuan pemasaran, serta pengetahuan Anda tentang industri dan trend yang berlangsung untuk mengembangkan content yang relevan dan enjoyable.

2. Buat content calendar

Dalam praktiknya, proses mengembangkan content dapat sangat menyita waktu. Content calendar dapat membantu Anda memetakan lebih jelas tipe content dan timeline untuk memproduksi dan mengunggahnya. Selain itu, content calendar juga dapat membantu memastikan Anda mengunggah content secara lebih teratur.

3. Selalu beri nilai tambah dalam content

Content yang menarik dan memiliki engagement dengan audience adalah yang memiliki nilai tambah. Pastikan content yang diproduksi dapat membantu audience. Lebih baik lagi bila content tersebut dapat menjadi solusi untuk kebutuhan audience.

4. Lakukan daur ulang content

Praktik daur ulang content dapat membantu proses pengembangan content yang lebih efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menuangkan content yang sudah ada dalam format content lain. Sebagai contoh, unggahan infografis di media sosial bisa juga dikembangkan menjadi content yang lebih komprehensif dalam bentuk artikel blog. Contoh lainnya, content foto atau video dapat “dibedah” dalam bentuk tweet di platform Twitter untuk memancing interaksi dengan audience.

5. Lakukan riset kompetitor

Lakukan riset kompetitor

Riset kompetitor dapat membantu mengevaluasi strategi content marketing yang dilakukan oleh kompetitor. Melalui riset kompetitor, Anda dapat mengidentifikasi jenis-jenis konten yang efektif dan juga sebaliknya. Insights ini berguna agar Anda dapat mencari celah dan memberi nilai tambah dalam content yang akan dikembangkan. Selain itu, hasil riset kompetitor juga dapat membantu mengembangkan subtopik yang sudah dibahas oleh kompetitor agar Anda dapat menyajikan content yang lebih komprehensif.

6. Audit content secara berkala

Ketika sudah menjalankan strategi content marketing, jangan lupa untuk melakukan audit secara berkala. Hal ini berguna untuk mengevaluasi performa masing-masing content di media komunikasi yang dipilih. Sebagai hasilnya, Anda dapat mengetahui content yang disukai oleh audience dan sentimen audience terhadap content tersebut. Insights ini lah yang akan mempertajam pengembangan strategi content marketing brand Anda ke depannya.

Tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai content marketing? Yuk ikuti kursus online “Penggunaan Media Sosial Untuk Pengelolaan Konten yang Efektif” oleh Kognisi.id. Selain itu, tersedia pula beragam topik kursus online lainnya yang dibawakan oleh para profesional di bidangnya, mulai dari kursus digital marketing, pengembangan karir, hingga leadership. Anda cukup mendaftar dan membuat akun Kognisi.id secara gratis untuk menjelajahi pilihan kursus tersebut.

Penulis: Septi Liberty

%d blogger menyukai ini: