Gen Z menjadi generasi yang memiliki ambisi besar dalam hal promosi jabatan. Pasalnya, dari 2.500 orang yang disurvei oleh LaSalle Network, mayoritas dari mereka mengharapkan promosi dalam waktu satu tahun bekerja.
Sepanjang hidup, manusia memang selalu mengupayakan perkembangan dan memimpikan kemajuan. Dari kecil ke besar, dari tidak bisa menjadi bisa, dan seterusnya. Oleh karena itu, tidak heran jika kita seringkali memberi target-target kepada diri untuk menjadi versi yang terbaik.
Namun menurut kenyataan yang ada, naik jabatan adalah hal yang tidak mudah didapatkan karena banyak faktor. Oleh karena itu, setiap pekerja membutuhkan upaya-upaya nyata dari internal diri.
Baca Juga: Serba Serbi Slip Gaji yang Penting Dipahami Karyawan
Jenis-jenis Promosi Jabatan
Promosi jabatan adalah perubahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang levelnya lebih tinggi. Dalam hal ini, posisi dan tanggung jawab yang lebih besar mengikuti perubahan tersebut. Oleh karena itu, jika seseorang mendapatkan promosi, maka idealnya, kamu akan mendapatkan kompensasi yang semakin besar.
Inilah mengapa selain karena kepuasan diri tentang jenjang karir, promosi jabatan menjadi hal yang diidam-idamkan semua orang.
Namun, ternyata promosi jabatan itu memiliki beberapa jenis:
Promosi Jabatan Vertikal
Promosi jabatan vertikal adalah promosi yang ideal di mana pekerja mendapatkan kenaikan jabatan (level), pertambahan tanggung jawab, dan kenaikan gaji. Umumnya, ini perusahaan menggunakan promosi ini untuk mengangkat seorang pekerja ke posisi yang lebih advanced. Contohnya ketika seorang marketer menjadi marketing manager. Bentuk perubahan pekerjaannya dari bawah ke atas.
Tipe ini yang paling sehat karena tanggung jawab yang bertambah juga beserta dengan gaji yang bertambah. Tidak heran jika ini menjadi impian semua orang.
Promosi Jabatan Horizontal
Promosi jabatan horizontal sedikit berbeda dari jenis sebelumnya. Biasanya, perusahaan melakukan promosi ini untuk mengakui kemampuan pekerja. Sebagai sebuah penghargaan, perusahaan memberikan title ahli di bidang yang ia kuasai, tanpa memberikan peran atau tanggung jawab yang berbeda dan beserta peningkatan kompensasi atau gaji.
Tipe horizontal biasanya terjadi pada para pekerja yang sudah berdedikasi lama dengan perusahaan dan memiliki kinerja yang baik.
Promosi Jabatan Kering
Promosi jabatan kering adalah promosi yang paling buruk untuk karyawan. Hal ini karena perusahaan memberikan promosi dengan meningkatkan porsi tanggung jawab namun tidak serta merta peningkatan kompensasi atau gaji.
Tipe kering ini memang seharusnya tidak sering dilakukan. Akan tetapi, promosi ini juga dapat menjadi kesempatan bagi para pemuda atau pemula dalam mengasah kemampuan dan pengalamannya.
Promosi Jabatan Terbuka atau Tertutup
Jenis promosi jabatan yang ini lebih mengarah ke proses promosi perusahaan. Proses untuk promosi jabatan terbuka adalah dengan membuka kesempatan bagi para pekerja untuk mengikuti proses promosi dalam rangka mendapatkan sebuah posisi yang lebih tinggi.
Sedangkan, promosi tertutup sebaliknya. Kesempatan tersebut hanya berlaku bagi pekerja yang terpilih untuk selanjutnya diikutsertakan dalam proses promosi perusahaan.
Cara Cepat Mendapatkan Promosi Jabatan
Setelah mengetahui pengertian dan jenis promosi jabatan, hendaknya kamu mengetahui cara untuk menjadi karyawan yang layak mendapatkan promosi, yaitu:
Tingkatkan Nilai Jual Diri
Faktor yang mempengaruhi promosi jabatan memang beragam, dapat berupa loyalitas pekerja kepada perusahaan, background pendidikan, pengalaman kerja, dan lain sebagainya.
Nilai jual diri adalah tentang kemampuan diri, tujuan hidup, cara bekerja, dan nilai yang kita anut. Orang yang memiliki nilai jual diri tinggi akan lebih berkarakter karena memiliki konsistensi dan keuletan yang tinggi dalam bekerja.
Dengan mengamati faktor-faktor tersebut, maka kita dapat meningkatkan nilai jual diri dengan dua jenis hal yaitu keterampilan dan kepribadian. Keterampilan dapat berupa prestasi kerja yang bisa kamu asah dengan terus mempelajari skill lebih advance lewat kelas-kelas atau seminar, menunjukkan keaktifan dalam kontribusi tim, aktif menyuarakan ide dan bergagasan.
Semakin aktif dan konsisten dalam bekerja, kamu secara tidak langsung sedang mempromosikan diri dan meyakinkan kepada orang lain tentang kemampuan diri yang kamu punya.
Di samping keterampilan, kamu juga harus meningkatkan kepribadian yang kontributif. Yang dimaksud adalah kamu memiliki kemauan untuk bisa memberikan sumbangsih ilmu atau bantuan kepada orang lain. Selain itu, kembangkan growth mindset agar kamu bisa selalu bisa menyerap pengetahuan dan ilmu-ilmu sehingga akan memperkaya kemampuanmu.
Ketahui Politik Kantor
Di dunia kerja, ada hal yang tidak dapat terhindar bernama politik kantor. Politik kantor adalah kegiatan mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan dalam perusahaan untuk kepentingannya sendiri. Politik kantor selalu memiliki anggapan hal yang negatif.
Akan tetapi, karena ini tidak dapat dihindari, maka penting untuk mengetahui politik kantor. Untuk memenangkan politik kantor, hal yang utama perlu kita lakukan adalah mengenal orang-orang di dalamnya.
Sebab politik kantor adalah tentang networking. Bukan seberapa banyak kita mengetahui lingkungan kantor saat ini, tetapi sejauh mana lingkungan kantor mengenal siapa kita?
Persona yang harus kamu bangun adalah persona yang positif, penuh dengan komitmen, dan kontributif agar kita menjadi top of the mind orang lain ketika mereka memikirkan kata ‘kompeten’. Semakin positif persona yang kamu bangun, akan semakin mudah kamu memenangkannya.
Kembangkan Portfolio dan Legacy
Portfolio adalah gambaran dari berbagai hal yang sudah pernah kamu lakukan, termasuk dengan pencapaian-pencapaian yang kamu dapatkan. Setiap prestasi dan keberhasilan harus terangkum dalam portfolio.
Semakin kaya isi portfolio yang kamu punya, semakin legit posisi kamu sebagai kandidat yang kuat. Portfolio bisa berisi project yang berhasil kamu ciptakan, legacy yang kamu tinggalkan semasa kuliah atau di kantor lama.
Kembangkan portfolio dengan mengembangkan diri dan kemampuanmu. Sebab itu akan menentukan sejauh mana kualitas, pengalaman & usaha serta prestasi kita selama bekerja. Hingga tak kan membuat ragu ketika management ingin menaikkan jabatan kita.
Pada intinya, promosi jabatan adalah sesuatu yang dikendalikan oleh faktor luar dan dalam diri kita. Namun, ada baiknya jika kita melakukan kiat dan strategi agar perjalanan karir menjadi cemerlang. Kamu juga bisa mempelajari kiat untuk promosi jabatan melalui kelas Kognisi yang berjudul Jurus Jitu Naik Jabatan: Prestasi, Adaptasi, dan Negosiasi.
Oleh: Najwa Khabiza Egaikmal – Content Writer Intern Growth Center