Bagaimana menjadi leader yang baik? Kemampuan leadership apa yang harus dimiliki agar bisa menjalankan pekerjaan dengan baik?

Menjadi leader tidak terbatas hanya pada satu posisi seperti manager, kepala, atau direktur. Padahal, kemampuan leadership itu seharusnya dimiliki setiap orang dalam struktur organisasi meskipun hanya sebatas level staff dan atau officer.

Leader yang baik memiliki pengaruh tidak secara struktural tetapi secara sosial untuk mendukung proses penyelesaian tugas menuju tujuan tertentu.

Pengertian Kemampuan Leadership

Jika dilihat secara harfiah, leadership berarti kepemimpinan. Jadi, kemampuan leadership adalah sebuah keahlian untuk memengaruhi, memotivasi, menjelaskan, mengarahkan, mengawasi serta mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan tujuan organisasi.

Semakin banyak jumlah orang dalam organisasi, semakin banyak orang pula yang dibutuhkan untuk mengisi posisi leadership strategis. Kemampuan leadership ini dibutuhkan dalam organisasi struktural agar masing-masing pemimpin bisa mengetahui skala prioritas dari lingkup kerjanya.

Dengan begitu, kaitan kemampuan leadership adalah dengan kompetensi, kredibilitas, dan komunikasi yang baik. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri serta mampu memahami orang lain untuk bisa menganalisa lingkup kerjanya.

Manfaat Kemampuan Leadership

Manfaat Kemampuan Leadership

Diperlukannya kemampuan leadership adalah saat seorang pemimpin karena dirinya memiliki tanggung jawab kepada orang lain baik itu kepada bawahan atau atasannya.

Tujuan dari kemampuan leadership adalah keberhasilan organisasi untuk mencapai hasil tertentu dengan cara kolaborasi antar rekan kerja. Sehingga, akan banyak keputusan yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk mendukung tujuan organisasi secara umum.

Temukan-Gaya-Kepemimpinan-yang-Tepat-untuk-Organisasimu

Kamu bisa mengikuti course Temukan Gaya Kepemimpinan yang Tepat untuk Organisasimu agar kamu tahu gaya leadership apa yang bisa kamu terapkan.

Pemimpin yang baik selalu bisa melakukan perencanaan dan evaluasi di setiap progress pekerjaan. Namun di samping itu, dirinya juga harus memiliki sifat empati agar hubungan terjalin harmonis antar rekan kerja.

10 Skill Leadership yang Harus Kamu Miliki

Skill Leadership yang Harus Kamu Miliki

Beberapa kemampuan leadership yang harus kamu miliki saat memimpin suatu organisasi adalah sebagai berikut:

1. Kompetensi

Pemimpin yang baik memang memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni di bidangnya. Hal ini mencakup bidang perencanaan, eksekusi, dan evaluasi. Mereka menggunakan wawasannya untuk menantang tim agar berpikir dan memperluas kemampuan mereka untuk meraih tujuan tertentu.

Dikutip dari Indeed, tipe pemimpin seperti ini biasanya akan terus belajar untuk bisa unggul dalam menjaga rekan kerja tetap berhati-hati, tidak pernah membiarkan mereka merasa tidak nyaman dan memungkinkan rekan kerjanya untuk berkembang.

2. Komunikatif

Seorang pemimpin diharapkan memiliki keterampilan komunikasi yang baik sehingga baik diskusi internal maupun eksternal bisa mencapai suatu kesimpulan yang bertujuan baik.

Kemampuan leadership juga berarti tidak mengintimidasi rekan kerja dengan cara memberikan ruang terbuka untuk saling memberikan pendapat tanpa harus merasa terlalu besar atau terlalu kecil untuk memberikan feedback.

Pemimpin dalam hal ini memiliki keahlian membuat orang lain merasa aman untuk berbicara dan dengan percaya diri berbagi perspektif dan sudut pandang mereka sehingga menciptakan lingkungan yang kooperatif.

Kamu juga bisa lho mempelajari cara membangun dinamika komunikasi yang baik dalam organisasi lewat course Membangun Dinamika Komunikasi yang Efektif dalam Organisasi.

3. Kredibilitas

Kredibilitas adalah kemampuan yang harus dimiliki pemimpin karena berhubungan dengan kapabilitas dan kualitas yang menimbulkan kepercayaan dari rekan kerja.

Jadi, rekan kerja memiliki perasaan kepercayaan kepada pemimpinnya sendiri disebut sebagai kredibilitas.

Membangun kredibilitas memang tidak mudah karena pemimpin yang memiliki kredibilitas tinggi biasanya dapat bersosialisasi dengan banyak banyak orang dengan mudah.

4. Integritas

Integritas berarti konsistensi antara ucapan dan tingkah laku yang tercermin dari kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini harus dimiliki seorang pemimpin karena mereka terbiasa berpikir terlebih dahulu sebelum bicara agar perkataan dan perilakunya selaras.

Kemampuan satu ini biasanya akan diuji dalam bentuk tantangan seperti jabatan, uang, dan hal pendukung lainnya sehingga penting bagi seorang pemimpin untuk terus bersyukur dan merasa cukup tanpa kehilangan arah dan tujuannya.

Dalam hal pelaksanaan tugas dalam organisasi, integritas juga bisa berarti berpegang teguh prinsip dan kode etik.

5. Fleksibilitas

Pemimpin yang fleksibel adalah mereka yang dapat mengubah gaya atau pendekatan mereka terhadap kepemimpinan dalam menanggapi keadaan yang tidak pasti atau tidak terduga.

Selain itu, pemimpin yang fleksibel dapat beradaptasi dengan perubahan yang akan datang. Sehingga, mereka dapat merevisi rencana untuk memasukkan inovasi baru dan mengatasi tantangan, sembari tetap mencapai tujuan.

6. Motivasional

Leadership yang memotivasi

Para pemimpin yang sukses tidak pernah berhenti memberikan motivasi karena mereka sangat berantusias untuk mencapai tujuan secara bersama-sama.

Pemimpin menciptakan budaya tempat kerja yang positif dan menginspirasi dengan cara memberikan banyak motivasi. Jadi, mereka tahu bagaimana mengatur nada dan membawa sikap yang memotivasi rekan-rekan mereka untuk mengambil tindakan.

Karena itu, mereka disukai, dihormati, dan memiliki kemauan keras. Mereka tidak membiarkan kegagalan mengganggu momentum proses menuju keberhasilannya.

7. Problem-solving

Pemimpin yang baik umumnya memiliki pengalaman menangani masalah secara langsung sehingga dirinya mengetahui inti masalah yang dihadapi. Maka dari itu, pemimpin tidak menunda menangani masalah sehingga terlihat sangat mahir dalam memecahkan masalah.

Kemampuan ini diperoleh karena dirinya belajar dari ketidaknyamanan dan tidak menghindari tetapi berusaha menyelesaikan masalah tersebut.

8. Pendelegasian Tugas

Penting bagi seorang pemimpin untuk tidak mengelola segala sesuatu secara mendetail (micromanagement) sehingga rekan kerja memiliki tanggung jawab sendiri dan mampu bekerja produktif.

Pendelegasian tugas perlu dilakukan agar kamu pemimpin bisa mengetahui kemampuan masing-masing rekan kerja dan menggali potensinya agar bisa mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

9. Akuntabel

Pemimpin yang sukses memberikan ruang pada rekan kerjanya untuk me-manage mereka. Hal ini tidak berarti pemimpin mengizinkan orang lain untuk mengendalikan mereka, melainkan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pemimpin proaktif terhadap kebutuhan rekan kerja mereka.

Lebih dari sekadar membimbing dan mensponsori rekan kerja, tanggung jawab kepada orang lain adalah tanda bahwa pemimpin lebih fokus pada kesuksesan tim daripada kesuksesan mereka sendiri.

10. Kreativitas

Kemampuan kepemimpinan memerlukan kreativitas yakni sebuah usaha untuk menciptakan dan mewujudkan solusi inovatif terutama dalam menghadapi situasi struktural yang kompleks atau berubah.

Berdasarkan situs web Thnk, hal ini mengacu pada rekan kerja dan pendekatan baru yang belum diketahui, sehingga masih dapat menciptakan kejelasan tujuan untuk tim.

Kreativitas dalam kepemimpinan berusaha untuk menavigasi dan bahkan mendapat manfaat dari ketidakpastian di sekitar mereka. Bukan hanya untuk organisasi atau diri mereka sendiri, tetapi biasanya juga untuk masyarakat luas.

Kamu bisa ikutan kursus online Belajar Mengelola Project dengan Skill Project Management di Kognisi.id dulu nih, supaya kamu bisa lebih siap mengetahui skill project management sebelum masuk ke dunia kerja.

Tips Mengasah Kemampuan Leadership

Tips Mengasah Kemampuan Leadership

Kemampuan leadership sebenarnya tidak hadir begitu saja tetapi diasah agar bisa menjadi lebih baik. Nah, beberapa tips mengasah kemampuan leadership dikutip dari Wrike adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kompetensi

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan leadership paling baik adalah menjadi rekan kerja yang memiliki kemampuan lebih di antar rekan kerja lainnya. Kompetensi ini bisa berhubungan dengan perencanaan, eksekusi, analisis, dan evaluasi hingga mendapatkan suatu kesimpulan tertentu.

2. Bersikap proaktif

Proaktif berarti mengambil inisiatif dan banyak terlibat di dalamnya sehingga menimbulkan rasa kepemilikan untuk membuat tim menjadi lebih baik dari hari ke hari.

3. Keterampilan komunikasi

Dalam hal ini, pemimpin diharuskan memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan maksud yang jelas kepada rekan-rekan kerjanya.

Penyampaian pesan bisa dilakukan dengan mendengar terlebih dahulu dan juga banyak berdiskusi sehingga pesan yang tersampaikan dapat dilakukan secara positif.

4. Berpikir kritis

Terakhir, cara untuk bisa mengasah kemampuan leadership adalah dengan berpikir kritis dengan cara menganalisis fakta dan memberikan opsi penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi. Analisis tersebut harus bersifat rasional dan tidak bias sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, bagaimana menciptakan keunggulan dengan kemampuan leadership? Yuk temukan jawabannya dengan mengikuti kursus Menciptakan Keunggulan Kompetitif di Era Disrupsi di Kognisi.id.

Selain itu, kamu bisa mendaftar akun dan mengikuti kursus inclusivity leadership di Kognisi.id yang akan membahas perihal mengelola keberagaman di organisasi. Ayo, buruan daftar akun belajar gratis dengan Kognisi.id sekarang!

Penulis: Serenata L. Kedang

%d