Mungkin kamu sering merasa kurang percaya diri dalam pekerjaan dengan berbagai faktor seperti kurangnya pengalaman, meragukan kemampuan sendiri, atau faktor lainnya?
Padahal untuk mencapai karier yang lebih tinggi, kamu perlu bekerja keras dan mengetahui cara meningkatkan kepercayaan diri dalam bekerja. Kamu lebih termotivasi dalam melakukan tugas dan mencapai tujuan baru.
Saat kamu melakukan apapun pastinya perlu memiliki rasa percaya diri. Namun, rasa percaya diri ini tidak bisa timbul begitu saja tanpa proses.
Lalu, apa sih percaya diri itu? Seperti apa cara meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan? Simak sampai tuntas pembahasan berikut, ya!
Definisi Percaya Diri
Percaya diri adalah penilaian terhadap diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki. Penilaian tersebut didasari oleh pencapaian yang berhasil kamu lakukan, sehingga memiliki kemampuan lebih saat menilai kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
Pada artian lain, percaya diri atau PD merupakan suatu sikap atau keyakinan dalam melakukan tindakan agar tidak cemas, merasa bebas, dan memiliki tanggung jawab pada keputusan yang dilakukan.
Tentunya, orang yang percaya diri mampu mendorong dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik di setiap harinya.
Manfaat Percaya Diri dalam Pekerjaan
Memiliki sikap percaya diri adalah suatu kelebihan dan penting untuk dimiliki setiap individu.
Ada beberapa orang yang sudah memiliki rasa percaya diri secara alami. Sementara, beberapa yang lainnya perlu berusaha untuk dapat memunculkan cara percaya diri dalam dirinya.
Semua orang yang berkarier, membutuhkan rasa percaya diri agar bisa menentukan langkah saat mengambil keputusan, menyampaikan pendapat ke atasan, berani melakukan presentasi, dan tentunya supaya siap dengan perubahan apapun, baik di dunia pekerjaan maupun kehidupan pribadi.
Nah, kamu bisa mengikuti kelas online di Kognisi.id untuk membantu kamu lebih open minded dan dinamis terhadap perubahan, nih. Kelas Growth Mindset: Modal Awal Menghadapi Perubahan, akan diajar oleh Andrea Lusi Anari, Co-Founder & COO Growth Center dan Arki Sudito, CEO Growth Center Kompas Gramedia.
Nah, selain hal-hal di atas, berikut beberapa manfaat lain percaya diri dalam pekerjaan:
- Lebih bisa menghargai hasil kerja keras diri sendiri.
- Memahami beragam potensi dan kemampuan yang dimiliki sehingga bisa melangkah lebih maksimal.
- Bermental kuat karena yakin akan kemampuan diri dalam mengatasi semua kendala.
- Meningkatkan semangat dan motivasi dalam bekerja.
- Tidak takut menghadapi kegagalan.
- Peluang dan kesempatan baru bisa terbuka.
- Menumbuhkan sifat kepemimpinan.
- Memperlancar karier.
12 Cara Percaya Diri dalam Pekerjaan
Sebenarnya untuk membentuk rasa percaya diri atau self confidence butuh proses yang berbeda-beda, tergantung dari setiap orang dan lingkungan yang memengaruhinya.
Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan. Berikut beberapa cara PD yang bisa kamu terapkan dalam pekerjaan:
1. Bersyukur pada apa yang kamu miliki
Cara PD yang pertama adalah meningkatkan rasa syukur terhadap diri sendiri dulu. Bersyukur adalah kunci dalam meningkatkan percaya diri yang efektif.
Termasuk bersyukur dalam karier yang sudah kamu capai hingga sekarang. Pastinya, tanpa kerja keras kamu tak bisa mencapai tingkat karier di titik yang sekarang, bukan?
2. Menghindari apa yang orang lain pikirkan
Jangan habiskan waktu kamu mengkhawatirkan apa yang orang lain katakan tentang diri kamu. Fokuskan energi pada hal-hal penting seperti menyelesaikan pekerjaan atau mempelajari kemampuan baru.
Menghabiskan terlalu banyak energi mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan bisa membahayakan citra diri dan kesehatan mental, lho.
3. Mengikuti kegiatan dari perusahaan
Rasa kurang percaya diri memang perlu dikalahkan dengan tindakan. Misalnya saja ikut kegiatan yang diadakan oleh perusahaan. Setiap perusahaan besar tentu mengadakan kegiatan yang bisa meningkatkan kekompakan para karyawannya atau kegiatan meningkatkan keterampilan.
Pada kesempatan seperti ini, kamu bisa bersosialisasi dengan karyawan dari divisi lain dan juga bisa belajar keterampilan baru. Seiringnya waktu kepercayaan diri kamu bisa meningkat.
4. Rajin mengevaluasi mandiri
Evaluasi merupakan kunci bagi pengembangan diri kamu yang perlu dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan menulis di secarik kertas.
Cobalah menuliskan apa saja yang sudah kamu capai dalam satu bulan. Setelah itu, bandingkan dengan dengan kinerja atau pencapaian kamu pada bulan sebelumnya.
Kamu juga bisa mengikuti course Pola Pikir untuk Membangun Masa Depan Versi Dirimu di Kognisi.id. Lewat course yang satu ini, kamu akan diajar oleh Doni Priliandi, Chief Empathy Officer of Happy5 untuk mencoba menjawab keraguan dan kegelisahan yang sering muncul ketika memikirkan masa depan.
Seru banget, kan? Evaluasi diri pasti jadi lebih deep dan terperinci.
5. Mengikuti aturan perusahaan
Rasa percaya diri dalam pekerjaan harus juga dibarengi dengan sikap yang baik dalam menaati peraturan dari perusahaan. Mengikuti aturan perusahaan bisa meningkatkan kepercayaan diri karena kamu melakukan pekerjaan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.
6. Menantang diri sendiri
Mampu melakukan hal-hal yang kamu sulit bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dalam pekerjaan. Tidak yakin dengan hal ini? Coba lakukan satu tantangan dulu, lalu rasakan perbedaan diri kamu dengan sebelumnya.
7. Membuat diri nyaman dengan pekerjaan
Menikmati diri saat bekerja adalah hal yang penting kamu lakukan. Semakin kamu merasa nyaman dan menikmati pekerjaan yang kamu lakukan, semakin meningkat pula kepercayaan diri terhadap pekerjaan yang kamu lakukan.
Nah, ada banyak faktor yang membuat kamu bisa menikmati pekerjaan seperti pertemanan di kantor, atasan yang baik, gaji memadai, dan faktor lainnya.
8. Jangan takut membuat kesalahan
Jangan takut membuat kesalahan. Bukan hanya menjadi pegawai baru, pegawai lama juga sama masih sering membuat kesalahan. Ketakutan yang kamu rasakan ini bisa menimbulkan kamu jadi tidak percaya diri.
9. Mengenakan pakaian yang nyaman dan menarik
Pakaian rupanya memengaruhi kondisi psikologis seseorang, lho. Meski tidak langsung terkait dengan kemampuan kamu, tetapi jika kamu mengenakan pakaian yang menarik bisa memengaruhi citra diri kamu di depan publik.
Tidak perlu selalu mengenakan pakaian yang bermerek dan mahal. Cukup kenakan pakaian menarik yang buat kamu nyaman dan mencerminkan kepribadian.
Saat kamu mengenakan pakaian yang rapi dan profesional, orang akan menilai kamu kompeten dan memiliki citra diri baik.
10. Mencari support system
Dukungan dari orang lain bisa membantu kamu memahami diri sendiri. Untuk itu, carilah support system yang terdiri dari orang-orang yang kamu hormati di kantor.
Masukan dan dukungan yang membangun membuat kamu mengenali bakat terpendam. Kamu pun jadi lebih termotivasi dalam bekerja.
11. Berbicara secara positif
Berbicara positif adalah cara meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan. Idealnya, pembicaraan tersebut mengandung sudut pandang yang sesuai logika namun bisa membangun motivasi di tengah situasi sulit sekali pun. Berbicara secara positif mampu mengubah kepercayaan, kebiasaan, dan menjadi lebih bahagia.
12. Mencoba sesuatu yang baru
Meski kamu merasa takut, mencoba sesuatu yang baru adalah hal yang patut dicoba. Kamu akan tahu sampai dimana batas kemampuan untuk mencoba sesuatu hal yang baru itu.
Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri jika kamu bisa menguasai kemampuan baru tersebut. Jadi, cobalah untuk mencoba hal baru demi meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan.
Itulah tadi beberapa cara meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan yang bisa kamu lakukan di tempat kerja. Untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier, selain meningkatkan percaya diri, meningkatkan soft skill juga penting untuk dilakukan.
Salah satu soft skill yang perlu kamu asah adalah meningkatkan GRIT dalam bekerja. Kamu bisa mengasahnya dengan mengikuti kelas Membangun GRIT untuk Performa yang Optimal dari Doan Simanullang (Media Academy Manager KG Media) dan Andrea Lusi Anari (Co-Founder & COO Growth Center). Yuk, coba sekarang!
Penulis: Serenata Leony Kedang