Di era modern kini, teknik pemasaran dengan media sosial telah banyak dan umum dilakukan oleh para pelaku usaha.

Terlebih, banyak sosial media yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik sehingga tak hanya berfungsi sebagai sarana berkomunikasi atau hiburan, namun juga bisa menjajakan aneka jenis barang serta kebutuhan konsumen.

Meski begitu, masih banyak pelaku bisnis yang hingga kini belum paham atau mengerti terkait cara memaksimalkan dan mempraktikan pemasaran melalui sosial media.

Padahal, hal ini penting untuk memperluas peluang bisnis, popularitas, dan meraup keuntungan yang lebih banyak.

Apa Pentingnya Pemasaran bagi Perusahaan?

Selain tata kelola keuangan yang baik,produk yang berkualitas, perusahaan juga harus memikirkan teknik pemasaran melalui media sosial.

Kini, banyak para pelaku bisnis memanfaatkan media sosial sebagai platform mengenalkan produknya ke masyarakat atau mendapatkan calon konsumen yang lebih luas.

Sebab, media sosial merupakan sebuah ruang digital atau virtual yang berkembang sangat pesat sehingga penting untuk bagi perusahan untuk mulai membangun brand awareness melalui sosial media.

Tentunya, diharapkan dengan teknik pemasaran media sosial yang tepat dapat menumbuhkan brand awareness bagi perusahaan.

Pentingnya media sosial dalam bisnis ini pun diungkapkan oleh pendiri Microsoft, Bill Gates yang mengatakan.

“Jika bisnis Anda tidak ada dalam dunia digital dalam kata lain media sosial, itu artinya sama saja Anda tidak mempunyai bisnis.”

Namun, tentunya teknik pemasaran media sosial ini tak boleh dilakukan sembarangan. Ada sejumlah hal yang penting untuk diperhatikan agar pemasaran di sosial media tersebut tepat sasaran dan menghasilkan keuntungan.

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemasaran dengan Media Sosial

Sebelum melakukan pemasaran melalui sosial media, tentu ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Hal ini penting agar teknik pemasaran dengan media sosial yang dilakukan juga maksimal dan dan efektif. Apa sajakah itu?

1. Tentukan Target Market yang Jelas

Target market merupakan kelompok konsumen yang ditargetkan cocok dengan pemasaran produk. Hal ini ditentukan melalui beberapa spesifikasi sehingga pemasaran yang dilakukan melalui media sosial lebih tepat sasaran.

Bahkan, sebelum menentukan harga, desain, dan detail produk, akan lebih baik jika kamu tahu siapa target market dari produk yang kamu jual agar lebih tepat sasaran dan meraup keuntungan tinggi.

Beberapa hal penting yang harus diketahui untuk menentukan target market ialah pahami kebutuhan konsumen, analisis pasar, tentukan strategi pemasaran hingga evaluasi pendapat atau opini konsumen.

Mengapa mengetahui target market adalah hal penting? Hal ini berguna untuk teknik pemasaran produk sehingga mudah diketahui calon konsumen.

Itulah sebabnya perlu untuk menentukan target market yang jelas. Agar bisnis Anda tepat sasaran.

2. Memiliki Beberapa Akun Media Sosial

Memiliki Beberapa Akun Media Sosial

Walaupun sebenarnya setiap platform memiliki algoritmanya sendiri-sendiri, namun jika kamu melakukan promosi atau digital marketing ke beberapa media sosial sekaligus tentu akan menambah peluang dilihat oleh calon konsumen.

Selain itu, cara ini juga ampuh untuk menjangkau target konsumen yang lebih banyak.

Untuk lebih praktis, kamu bisa mengaitkan akun sosial media satu dengan lainnya sehingga tidak perlu membuang-buang waktu mengunggah konten pemasaran di sosial media lain dan tentunya lebih cepat juga efektif.

Hal ini dilakukan untuk menjangkau seluruh lapisan calon konsumen yang ada di berbagai sosial media. Sebab, setiap orang biasanya memiliki kegemaran dan kesukaannya masing-masing. Misalnya, ada yang lebih suka melihat promosi dalam bentuk video, foto, atau teks.

3. Aktif Berkomunikasi

Jika sudah melakukan pemasaran dengan sosial media, jangan lupa untuk membangun hubungan atau komunikasi yang baik juga responsif ke calon konsumen atau pengikut kamu di sosial media.

Kamu harus rajin melihat apakah ada komentar, pertanyaan, atau komplain dari konsumen. Berilah respons dengan sopan dan jujur, karena hal ini akan menambah kepercayaan terhadap produk yang kamu jual.

4. Kolaborasi dengan Influencer

Kini, banyak influencer dan content creator yang bisa membantu mengembangkan atau memperluas bisnis kamu.

Tapi, memilih influencer pun tak boleh hanya berdasarkan jumlah followers. Kamu juga harus jeli dalam melihat influencer atau content creator.

Tanyakan tentang jumlah engagement yang berhasil dicapai dalam sepekan terakhir. Tak kalah penting, pastikan influencer yang dipilih juga sesuai dengan kriteria produk yang dijual.

Misalkan, kamu memiliki bisnis make up, maka sebaiknya pilih influencer yang memang dikenal memiliki hobi make up.

5. Tekun dan Sabar

Teknik pemasaran dengan media sosial bukanlah hal yang instan. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga menguntungkan.

Selain itu, kesabaran dan selalu berani mencoba melakukan hal-hal baru atau terus berinovasi adalah hal penting dalam media pemasaran di media sosial.

12 Teknik Pemasaran dengan Media Sosial

Ada banyak teknik yang bisa kamu lakukan dalam memasarkan produk dan bisnis di media sosial. Simak apa saja teknik yang bisa membantu meningkatkan keuntungan dan brand awareness di media sosial!

1. Bangun Kredibilitas

Saat ini, banyak orang menggunakan media sosial untuk berbelanja keperluan sandang, pangan dan papan. Oleh sebab itu, penting menciptakan kredibilitas yang baik untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dijual.

Selain mempertahankan kualitas produk, isi konten yang menarik, bermanfaat, dan berkesinambungan juga penting diperhatikan.

Ingat bahwa sosial media bisa jadi cerminan produk kamu, sehingga bangunlah kredibilitas yang mumpuni agar konsumen setia dan selalu membeli produk yang dijual.

Selain melalui sosial media, tampilan blog atau website yang lengkap dan informatif tentu menjadi kunci orang akan tertarik terhadap produkmu.

Jika ingin mengetahui bagaimana caranya membuat konten blog atau website yang menarik dan mengundang banyak calon pembeli, kamu bisa mendaftarkan diri di kursus online Menciptakan Konten Kreatif & Memperluas Jangkauan Bisnis melalui Blog di Kognisi.id.

2. Mencari Prospek Potensial

Dalam penerapannya, teknik pemasaran dengan media sosial tidak bisa lepas dari yang strategi mencari konsumen baru.

Inilah mengapa setiap media sosial memiliki algoritma tersendiri dalam membangun engagement pengguna yang datang ke profil bisnismu.

Salah satunya dengan optimisasi laman media sosial. Contohnya Facebook yang dapat dioptimasi dengan cara membuat setup geotagging pada page-nya.

Hal ini untuk meningkatkan rangking bisnis kamu sehingga berada di urutan terdepan yang dapat dilihat atau dicari mudah oleh calon konsumen.

3. Membangun Networking

Membangun Networking

Tak hanya dalam dunia pekerjaan, networking yang luas dan terbangun dengan baik juga penting bagi perusahaan maupun pelaku bisnis.

Kamu bisa ikut bergabung di komunitas pengusaha yang ada di kotamu, atau masuk dalam grup sosial media dengan beranggotakan para pelaku usaha yang ada di seluruh Indonesia bahkan internasional.

Hal ini penting agar usaha yang sedang dijalankan dapat meraup calon konsumen lebih luas dan dikenal oleh banyak kalangan.

Siapa tahu, dari membangun networking yang baik itu, kamu malah bisa mendapatkan partner kerja yang cocok dan dapat bekerja sama dengan baik.

4. Tulis Konten dengan Baik dan Sesuai Kaidah Jurnalistik

Konten yang berkualitas adalah konten yang mengikuti arus perkembangan dan relevan dengan bisnis kamu.

Menyematkan konten-konten terkini layaknya citizen journalism bisa menarik perhatian calon konsumen sekaligus jadi cara soft selling yang baik.

Sehinggam pengunjung sosial media kamu tak hanya mendapatkan informasi mengenai produk yang dijual namun juga informasi tentang pemberita terkini.

Untuk bisa membagikan konten yang baik dan disukai pengunjung, kamu bisa mendaftarkan diri pada course Membuat Konten Storytelling sesuai Kaidah Jurnalistik untuk Konten Kreator.

Di sini, kamu akan melihat bagaimana caranya membuat sebuah konten storytelling yang mengikuti kaidah jurnalistik dan tentu saja bisa mendongkrak pemasaran di sosial media.

5. Membuat Konten yang Memiliki Value

Konten yang bernilai atau memiliki value diharapkan bisa jadi konten yang bermanfaat bagi banyak orang termasuk calon pelanggan.

Kamu bisa menggunakan teknik membuat konten ala citizen journalism agar lebih nyata dan ‘hidup’ sehingga cerita atau isi konten yang hendak disampaikan mudah dipahami masyarakat.

Nah, untuk membuat konten yang memiliki value tinggi, kamu bisa mengikuti Membuat Konten Citizen Journalism bagi Para Content Creator sehingga sehingga website, blog, atau sosial media yang kamu gunakan untuk memasarkan produk tak hanya sekadar berjualan saja tapi juga memberikan manfaat serta nilai baik bagi para pembacanya.

6. Desain Iklan Menarik

Desain iklan yang menarik tentu akan membuat calon pelanggan penasaran dengan produk yang kamu jual. Tak perlu bingung belajar desain iklan, kamu bisa mendaftarkan diri di course Membuat Desain Iklan & Promosi yang Efektif dan Atraktif untuk Desainer Iklan dan Promosi untuk memudahkan membuat desain iklan yang unik dan estetik agar menarik pelanggan.

7. Sematkan Hashtag

Hastag selain berguna untuk memudahkan calon konsumen dalam mencari produk-produk tertentu yang kamu jual, juga bisa menjangkau calon konsumen yang sedang mencari produk serupa.

Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan hashtag di setiap produk yang kamu unggah di sosial media.

8. Tetapkan Budget Finansial

Tetapkan Budget Finansial

Kebutuhan teknik pemasaran dengan media sosial tidak selamanya gratis. Kamu perlu memperhitungkan dana yang dikeluarkan untuk promosi, biaya staff, dan juga dana-dana lain terkait aplikasi, server, dan lain-lain.

Jangan sampai over budget sehingga merugikan perusahaan maupun bisnis yang sedang dijalankan.

9. Gunakan Profil yang Relevan

Saat memasang foto profil pada akun media sosial, pertimbangkan target audience yang ingin didapatkan.

Misalnya, jika kamu menjual sepatu, maka foto profil berbagai macam jenis sepatu atau logo perusahaan tentu akan lebih menarik ketimbang menampilkan foto profil pribadi atau hal-hal yang kurang mencerminkan produk atau perusahaan.

10. Melakukan Update Skill

Sebagai pebisnis, sudah pasti kamu harus mengikuti perkembangan jaman, kamu wajib mengasah keterampilan soft skill maupun hard skill.

Untuk bisa menambah skill, salah satu caranya adalah tetap terhubung dengan komunitas bisnis. Ketika tergabung dalam komunitas bisnis yang sama, biasanya akan banyak sekali hal-hal bermanfaat baik untuk pengembangan diri, bisnis, perusahaan hingga meraup keuntungan.

Siapa tahu, dengan bergabung bersama komunitas bisnis akan menambah peluang dan memperluas calon pelanggan kamu, lho.

11. Batasi Penggunaan Platform Media Sosial

Walaupun menggunakan berbagai platform media sosial akan menambah peluang agar lebih dikenal, ada baiknya sesekali melakukan analisis apa saja media sosial yang efektif digunakan untuk bisnis kamu dan mendatangkan keuntungan.

Dengan demikian, kamu dapat menghemat waktu, energi, dan sumber daya untuk lebih fokus di media sosial yang memberikan lebih banyak konversi penjualan ketimbang melakukan semua hal itu di banyak platform yang sedikit pengunjungnya.

12. Jangan Melulu Jualan

Banyak pebisnis yang ditinggalkan pelanggan di media sosial karena terlalu fokus jualan. Coba ubah stigma media sosial kamu menjadi lebih ramah terhadap pelanggan dengan cara menyapa, membagikan ilmu, atau cerita menarik.

Sesekali jalin interaksi sosial dan ‘berteman’ dengan calon pelangganmu, bukan hanya terpaku pada bisnis semata.

Semoga strategi dan teknik pemasaran dengan media sosial di atas dapat membantu bisnis kamu agar lebih berkembang dan tentunya dikenal banyak orang melalui sosial media, ya!

Nah, supaya kamu bisa melakukan pemasaran dengan media sosial sebaik mungkin, kamu bisa mengikuti ragam online course yang ada di Kognisi.id. Yuk, segera buat akun belajarmu dengan Kognisi.id dan ikuti berbagai kelasnya!

Penulis: Serenata L. Kedang

%d blogger menyukai ini: