Jika dulu Youtube hanya digunakan sebagai salah satu sosial media hiburan dengan menampilkan video-video menarik, kini banyak orang menjadikan Youtube sebagai lahan mencari cuan dengan mengiklankannya lewat iklan. Iklan atau Youtube ads adalah fitur yang disediakan Youtube bagi para pelaku usaha untuk memasang brand atau beriklan.

Ketika akun atau video kamu berhasil viral dan dilihat oleh banyak orang, akan ada sejumlah perusahaan atau pelaku bisnis yang tertarik memasang iklan di video kamu. Hal inilah yang dikenal dengan istilah Youtube Ads.

Ketika kamu menonton sebuah video Youtube lalu muncul iklan, maka itulah yang disebut dengan Youtube Ads. Youtube Ads adalah salah satu kegiatan promosi terbaik untuk membuat produk kamu dikenal oleh lebih banyak orang.

Sudah banyak brand yang memanfaatkan fitur Youtube Ads karena dampaknya yang bombastis pada branding maupun penjualan produknya.

Tertarik beriklan atau menguasai Youtube Ads untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan? Ketahui dulu pengertian hingga cara menggunakan Youtube Ads berikut ini!

Apa itu Youtube Ads?

Youtbe ads

Kamu pasti tidak asing dengan iklan-iklan yang berseliweran di video Youtube yang kamu tonton. Iklan ini dinamakan Youtube Ads yang menjadi salah satu pemasukan keuntungan bagi Youtuber.

Dalam hal ini, Youtube Ads adalah sebuah fasilitas atau layanan yang disediakan oleh pihak Youtube sebagai tempat promosi berbagai macam produk maupun jasa.

Melalui Youtube Ads, kamu bisa juga mempromosikan channel Youtube supaya memiliki lebih banyak penonton sehingga nantinya mereka akan tertarik dengan channel kamu dan berlanjut pada kegiatan jual-beli yang mendatangkan profit.

Selain itu, salah satu keuntungan menggunakan Youtube Ads adalah kita bisa menentukan target audiens (target market) secara lebih spesifik dan detail berdasarkan lokasi atau interest (minat) pengguna Youtube.

Youtube Ads juga kabarnya merupakan kanal media sosial dengan biaya iklan yang cukup terjangkau.

Setelah yakin ingin menggunakan Youtube Ads sebagai media promosi, tentu materi yang digunakan juga harus menarik.

Bagi kamu yang tertarik atau ingin mengasah skill membuat desain iklan bisa mendaftar kurus Membuat Desain Iklan & Promosi yang Efektif dan Atraktif untuk Desainer Iklan dan Promosi di Kognisi.id

Mengenal Tipe-Tipe Youtube Ads

Mengenal Tipe-Tipe Youtube Ads

Ada beberapa tipe Youtube Ads yang bisa kamu temui, di antaranya:

1. Non-Video Ads

Youtube Ads adalah salah satu alat branding yang menguntungkan, tak heran jika banyak brand ternama mempertimbangkan jalur promosi yang satu ini.

Salah satu Youtube Ads yang harus kamu ketahui adalah jenis Non-Video Ads, di mana orang yang beriklan tidak memiliki iklan khusus atau video khusus iklan Youtube Ads.

Jangan khawatir, ads adalah suatu kegiatan yang sangat luas dan bisa dikreasikan dengan banyak cara, seperti tipe Non-Video Ads yang hanya akan menampilkan iklan kamu dalam beragam bentuk seperti Sponsored Card Ads, Overlay Ads, dan Display Ads.

Agar logo brand kamu menarik saat muncul dalam iklan Youtube, kamu bisa belajar Merancang Dan Membuat Logo Sesuai Kaidah Desain Untuk Pemilik Bisnis melalui kursus online Kognisi.id.

2. Non-Skippable Ads

Tipe Youtube Ads berikut ini adalah iklan yang tidak bisa di-skip atau dilewati. Jadi, user Youtube harus melihat iklan tersebut sampai selesai kalau ingin menyaksikan video yang dipilihnya.

Informasi iklan jenis ini tidak akan terpotong dari awal kemunculannya hingga akhir. Iklan ini juga punya beberapa tipe seperti:

  • Pre Roll Ads: Iklan ini akan muncul sebelum video dimulai, durasinya 15-20 detik.
  • Mid Roll Ads: Iklan ini akan muncul di pertengahan video yang sedang kamu tonton atau setelah 10 menit video berlangsung, durasinya 15-20 detik.
  • Bumper Ads: Iklan jenis ini akan muncul di awal, di tengah, atau akhir video dengan durasi paling lama 6 detik.

Supaya iklan kamu tidak monoton atau membosankan untuk dilihat, pastikan videonya asyik untuk disimak, unik, enak, dan tidak membosankan bagi siapapun yang menontonnya.

3. Skippable in-stream Ads

Meskipun tipe Youtube Ads cukup beragam, namun Youtube Ads adalah ajang promosi sekaligus ajang kreativitas untuk setiap materi iklan yang ditampilkan.

Para brand atau konten kreator diharapkan tidak meremehkan layanan yang satu ini karena bila dioptimalkan, kamu tidak akan rugi biaya.

Youtube Ads jenis ini sering muncul pada video yang dipilih namun kita bisa melewati atau menekan tombol skip jika tidak ingin melihat iklannya.

Iklan yang ditampilkan untuk Youtube Ads ini berdurasi minimal 12 detik hingga maksimal 3 menit.

Pemilik channel tidak akan dibebankan biaya pada jenis iklan ini, namun bagi pemilik iklan, maka akan dikenakan biaya bila user Youtube menonton iklannya minimal 30 detik atau justru sampai selesai.

4. Discovery Ads

Salah satu alasan lain menggunakan Youtube Ads adalah karena jenis iklannya yang beragam. Jenis iklan Youtube Ads ini akan muncul di halaman pencarian, homepage Youtube, atau pada halaman terkait video yang akan ditonton.

Untuk bisa memunculkan iklan pada halaman ini, user Youtube harus melakukan optimasi SEO pada Youtube-nya terlebih dahulu.

Discovery ads disebut juga In-Display Ads dan biasanya memerlukan trik khusus seperti menambahkan hashtag pada caption atau pada judul videonya.

Penentuan hashtag ini sebaiknya melalui riset keyword apa yang sedang hits atau banyak dicari sehingga akan mudah dilihat oleh user yang sedang mencari topik serupa dengan hastag yang digunakan.

Tak cuma hashtag saja, penulisan judul yang menarik hingga caption video juga menentukan keberhasilan iklan ini.

Supaya semakin jago membuat judul dan caption unik, kamu bisa lho mencoba kursus online Membuat Storytelling Sesuai Kaidah Jurnalistik Untuk Konten Kreator di Kognisi.id dengan biaya yang cukup terjangkau!

5 Tips Menggunakan Youtube Ads

Tips Menggunakan Youtube Ads

Supaya kamu tidak salah langkah saat membuat Youtube Ads, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Memilih Target Pasar Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memanfaatkan layanan Youtube Ads, ada baiknya melakukan riset dulu tentang target pasar atau target audience yang cocok untuk channel atau bisnis kamu.

Target audience ini dipertimbangkan berdasarkan jenis kelamin, usia, interest (ketertarikan), dan demografi. Youtube Ads adalah layanan promosi yang sangat bermanfaat bila penggunaannya juga tepat sasaran.

2. Pilih Jenis Iklan dan Budget yang Akan Digunakan

Menentukan Youtube Ads maka harus terlebih dahulu mempertimbangkan jenis iklan apa yang akan dipilih lalu apakah sesuai dengan budget yang ditentukan. Pelajari lebih lanjut ads apa yang paling cocok mewakili channel atau brand kamu nanti.

3. Upload Video di Channel Youtube

Upload video iklan di channel Youtube yang dikelola, pastikan materi iklannya menarik dan berisi informasi yang sesuai dengan akun kamu, brand, produk, atau jasa yang akan ditawarkan. Video yang di-upload tak melulu harus materi iklan saja, bisa juga konten menarik lainnya tentang brand, produk, atau jasa yang ditawarkan.

Tidak percaya diri membuat konten karena masih pemula? Ada kabar baik, Kognisi.id membuka kelas online untuk belajar Membuat Konten Citizen Journalism Bagi Para Content Creator. Segera daftar, ya!

4. Membuat Iklan Melalui Google Ads

Youtube terhubung dengan Google, maka sebelum membuat Youtube Ads, kamu harus terlebih dahulu membuat iklan via Google Ads. Caranya, login dulu melalui akun Google  Ads, kemudian cari kolom Campaign dan tombol “+” untuk menambahkan iklan baru. Setelah itu, analisis lebih lanjut dengan memilih tujuan iklan yang tersedia kemudian pilih tipe iklan, dan langkah terakhir pilih kolom “Continue.”

5.  Hubungkan Akun Google Ads dan Channel Youtube

Supaya iklan yang dibuat sukses menjangkau target market bisnis atau brand kamu, maka perlu memasukkan link iklan Youtube ke akun Google Ads. Ikuti langkah-langkah yang ada pada dashboard tersebut hingga dinyatakan sukses dan siap tayang.

Ternyata, Youtube Ads adalah skill penting yang harus kamu miliki di zaman sekarang, kan? Tidak sulit juga, kok! Apalagi kalau kamu rajin mengikuti course-course seperti yang tersedia di Kognisi.id. Tunggu apa lagi? Ayo daftar akun Kognisi.id gratis hari ini!

Penulis: Serenata L. Kedang

%d blogger menyukai ini: