Pernahkah kamu mendengar orang yang berpenghasilan puluhan juta dengan menjadi content creator? Sebenarnya, apa itu content creator? Apakah content creator bisa menjadi profesi menjanjikan di masa depan?

Pembuatan konten untuk media apa pun sepertinya tampak mudah, namun kegiatan ini membutuhkan banyak waktu dan keterampilan. Jadi, baik itu membidik gambar di Instagram, membuat tulisan di Twitter, atau mengedit video di Tiktok membutuhkan perencanaan yang efektif, serta alat yang mumpuni.

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah seseorang yang membuat materi untuk tujuan menghibur atau mendidik untuk diekspresikan melalui media atau saluran apapun terutama yang berkaitan dengan media digital.

Media digital terkhususnya media sosial adalah saluran utama mayoritas content creator karena sebagian besar kontennya dikonsumsi melalui media tersebut.

Nah, kamu bisa memulai langkah menjadi freelance content creator dengan mengikuti kursus Karier Profesional sebagai Freelancer di Kognisi.id.

Apa Saja Tugas Content Creator?

Tugas seorang content creator adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengunggah konten ke platform media sosial.

Seorang content creator mungkin hanya membuat konten untuk menyenangkan hatinya saja, namun perlahan mereka bisa saja menjajaki pekerjaan sebagai content creator atau dikenal sebagai influencer.

Content creator dapat mengunggah kontennya pada satu atau beberapa platform. Mereka yang secara teratur dibayar untuk memposting konten sering kali terlihat di beberapa platform.

Media sosial tempat para content creator tersebut berkreasi di antaranya; Instagram, Facebook, Tiktok, Snapchat, Pinterest, Twitter, Youtube, Snack Video, Coco Fun, Helo, Lemon8, dan platform media sosial lainnya.

Content creator dengan platform media sosial dapat membuat dan mempublikasikan teks, gambar, video, dan audio dengan tujuan meningkatkan diskusi, menghibur, atau menginformasikan pesan kepada audiens.

10 Skill yang Harus Dimiliki Content Creator

Menjadi seorang content creator untuk tujuan profesional bisnis harus miliki di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pembuatan konten kreatif

Pembuatan konten kreatif

Content creator perlu meningkatkan keterampilan pembuatan konten multimedia mereka untuk terhubung dengan audiens mereka. Hal ini termasuk pelatihan tentang cara membuat konten visual dasar seperti tulisan, gambar, atau video.

Untuk bisa membuat konten kreatif yang menarik kamu bisa mengikuti kursus Menciptakan Konten Kreatif dan Memperluas Jangkauan Bisnis Melalui Blog di Kognisi.id.

2. Mengedit

Proses mengedit bisa jadi penting untuk memastikan potongan konten menyampaikan pesan yang efektif kepada audiens. Jika memiliki cukup budget, seorang content creator bisa fokus pada konten dan menyewa editor profesional.

3. Perencanaan yang baik

Mencapai kesuksesan dengan membuat konten membutuhkan perencanaan. Tidak seperti beberapa bentuk marketing lainnya, content creator membutuhkan waktu dan konsistensi sebelum mendapatkan hasil yang nyata.

4. Penelitian

Proses meneliti berperan dalam berbagai tahap pembuatan konten. Jadi, content creator harus melakukan riset audiens. Kemampuan ini akan memberikan wawasan tentang jenis konten yang akan digandrungi audiensnya.

5. Mengetahui tren

Untuk mendapatkan traffic besar pada konten yang dibuat, content creator perlu mengoptimalkan konten mereka dengan mengetahui tren yang sedang dibicarakan. Kemampuan mengetahui tren ini mengoptimalkan konten yang kemungkinan besar akan dicari oleh target pasar yang lebih besar.

6. Promosi Konten

Platform umum untuk mempromosikan konten adalah media sosial, platform komunitas, blog, dan email. Dengan mempromosikan konten ke berbagai media tersebut, kamu bisa meningkatkan traffic kunjungan ke konten kamu.

7. Analisis Data

Analisis Data

Angka menunjukkan seberapa efektif upaya pembuatan konten kreatif. Jadi, content creator perlu menetapkan angka yang tepat untuk menganalisis kinerja kontennya.

8. Manajemen Waktu

Sebagai seorang content creator, penting untuk memiliki manajemen waktu yang seimbang agar tidak cepat stress dan akhirnya burn out.

Entah menjadikan content creator sebagai pekerjaan sampingan dan profesional, skill ini dibutuhkan agar konten yang diproduksi tetap dalam kualitas baik dalam jangka waktu panjang.

9. SEO (Search Engine Optimization)

Selain memproduksi konten yang berkualitas, membuat konten yang sering dicari pengguna melalui mesin pencarian juga kemampuan penting yang harus dimiliki content creator. Dalam bahasa teknis kemampuan tersebut adalah skill SEO.

10. Promosi Brand

Jika sedang bekerjasama dengan brand tertentu, pastikan untuk menganalisis brand tersebut untuk mengetahui ide konten kreatif apa yang sesuai dengan brand tersebut. Hal ini termasuk skill dasar seorang content creator yang berkaitan dengan promosi brand.

10 Tips Menjadi Content Creator Sukses

Nah, setelah mengetahui kemampuan yang diperlukan untuk menjadi content creator sukses, berikut adalah tips untuk bisa jadi content creator yang bisa berpenghasilan.

1. Pahami audiens

Tempatkan diri pada posisi audiens untuk mengetahui apakah konten kamu memberikan hiburan, mengedukasi atau memotivasi. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan audiens.

2. Meningkatkan keterampilan

Tingkatkanlah keterampilan pembuatan konten seperti menulis pesan yang menjual, mengedit video menjadi lebih profesional, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan kemampuan tersebut dengan membaca buku atau mendapatkan kursus pembuatan konten yang sesuai.

Jika kamu merasa belum terlalu mahir menulis, kamu bisa ikuti course Membuat Konten Citizen Journalism Bagi Para Content Creator di Kognisi.id

3. Terlibat dalam diskusi

Terlibat dalam diskusi

Kamu bisa terlibat dalam diskusi dengan mengomentari, me-retweet, dan berbagi konten yang dibagikan oleh audiens. Berikan pujian yang tulus tanpa berlebihan dan sematkan komentar terbaik bersifat spesifik untuk membuat audiens kamu merasa diperhatikan.

4. Banyak menulis

Semakin banyak konten yang dibuat makan akan semakin banyak traffic yang datang ke profil kamu dengan demikian kemampuan menulis diperlukan untuk mempromosikan konten.

Kamu bisa belajar tentang cara membuat Storytelling Sesuai Kaidah Jurnalistik untuk Konten Kreator di Kognisi.id.

5. Memperluas jaringan pertemanan

Kamu bisa memperluas jaringan pertemanan dengan aktif menghadiri acara yang diselenggarakan sebuah brand atau komunitas content creator. Perluas jaringan dengan meminta feedback atau mengajak kolaborasi untuk meningkatkan traffic ke profil kamu.

Dapatkan ilmu Membangun Identitas Influencer sebagai Konten Kreator di Kognisi.id.

6. Memprioritaskan Value

Sebuah tantangan umum bagi seorang content creator adalah berfokus pada kualitas. Beberapa content creator berpusat pada konten viral sehingga mengesampingkan value. Hal ini akan membuat seorang content creator cepat merasa putus asa.

7. Tetap up-to-date

Tetap up-to-date

Tetap up-to-date tidak terlepas dari industri yang kamu sukai dan relevan terhadap kamu saja bisa membuat konten kamu bisa berkembang. Mengembangkan konten ke topik yang lebih update berarti kamu berinovasi dengan konten kamu sendiri.

8. Tetapkan sasaran konten yang terukur berdasarkan strategi konten

Pembuatan konten baik untuk tujuan meningkatkan brand awareness, mendorong traffic audiens, atau menghasilkan uang, pastikan kamu memiliki matriks khusus yang dapat dilacak dari waktu ke waktu.

Untuk memastikan kalau kau mencapai tujuan yang tepat, kamu perlu mencatat jumlah traffic dan diskusi yang terdapat pada akun kamu selama seminggu terakhir untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas.

9. Membuat dan mematuhi content calendar

Setelah memiliki strategi dan target pasar konten, maka rencanakanlah jadwal produksi konten. Memiliki content calendar membantu kamu tetap di jalur yang tetap karena menerbitkan konten baru secara teratur.

10. Buat berbagai jenis konten

Memproduksi konten yang membosankan adalah cara untuk kehilangan perhatian audiens. Agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu, buatlah berbagai konten yang berbeda seperti mengunggah foto, video, podcast, hingga buku yang menarik perhatian.

Dengan membuat beberapa jenis konten, kamu akan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Di antara berbagai jenis platform media sosial di luar sana dan berbagai format konten yang disukai, kamu harus memastikan bahwa kamu siap dengan berbagai jenis format konten.

5 Prospek Kerja Content Creator

Beberapa prospek kerja content creator yang menguntungkan dan bisa dijadikan profesi adalah sebagai berikut:

1. Influencer

Salah satu profesi yang paling digandrungi oleh seorang content creator adalah dengan menjadi influencer. Seorang influencer bisa menghasilkan uang setelah konsisten memproduksi konten dan bekerjasama dengan produk dengan nilai yang fantastis.

2. Social Media Manager

Social media manager adalah posisi profesional seorang content creator yang memiliki suatu matriks tertentu untuk mengukur kinerjanya.

Berdasarkan Workable, social media manager dibutuhkan perusahaan yang bergerak dibidang digital untuk berbagai macam tujuan seperti brand awareness, meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya.

3. Host/MC

Host/MC

Prospek kerja lain menjadi content creator adalah dengan menjadi host atau MC. Keterampilan public speaking yang didapat melalui eksposur media sosial bisa membuahkan pekerjaan menjadi host untuk acara tertentu.

4. Pekerja Seni atau Artis

Seorang content creator yang menghasilkan karya seperti puisi, lukisan, drama, lagu, pembuatan cerita berpeluang besar menjadi pekerja seni atau artis. Semakin terkenal, maka akan makin banyak pihak yang mengajak bekerja sama untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni.

5. Pengajar

Bagi seorang content creator yang konsisten membagikan konten yang mengedukasi, besar peluang untuk menjadi pengajar lewat jalur ini. Kamu bisa membagikan konten belajar yang akhirnya akan membuat keahlian mengajar kamu menjadi mumpuni.

Nah, buat kamu yang sedang menggeluti usaha sembari meniti karier menjadi content creator, ikuti course Jualan tanpa Jualan dengan Menarik Pelanggan Melalui Storytelling di Kognisi.id yang dipandu oleh Communication Expert dan Storyteller Poetri Soehendro.

Lewat course ini, kamu dapat menjadikan produk tidak mudah dilupakan, dan terlihat lebih baik dari produk lain. Keahlian bercerita telah digunakan berbagai brand untuk menyukseskan dan menjadikan bisnis mereka lebih bermakna

Seru banget, kan? Buruan daftar kelas-kelas di Kognisi.id!

Penulis: Serenata L. Kedang

%d blogger menyukai ini: