Berkreasi dan Berkarir melalui Blog
Menjadi seorang blogger profesional, terdengar menjanjikan bukan? Kamu dapat dengan bebas mengekspresikan diri sendiri, menulis dan bekerja sesuai dengan minatmu, menghasilkan uang secara online, bahkan dapat membangun relasi yang luas. Tidak hanya itu, bekerja melalui blog juga dapat memberikan banyak kesempatan baru yang tidak dapat kamu temui di dalam platform lain.
Seiring dengan perkembangan zaman, blog menjadi salah-satu cara terpopuler untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan juga memasarkan beberapa produk. Melihat banyak blog yang dapat kita temui di internet, artinya tantangan dalam mengelola suatu blog juga menjadi sangat besar. Berkarir melalui blog bukanlah hal yang instan, diperlukan komitmen dan kesabaran. Kita harus bisa memberikan sesuatu yang baru dan juga usaha yang keras.
Apakah kamu bisa menjadi seorang blogger?
Sekarang ini, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membuat dan mengoptimalisasi sebuah blog. Banyak sekali platform yang memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk mengunggah konten-konten kreatif mereka, seperti wordpress, kompasiana, atau blogspot. Bersamaan dengan hal tersebut, komponen-komponen pendukung lainnya mulai bermunculan secara perlahan -SEO merupakan salah-satunya. Artinya, kita tidak memiliki alasan lagi untuk tidak memulai peruntungan menjadi seorang blogger.
Sebelum memutuskan untuk membuka suatu blog, kita harus tahu bahwa menjadi seorang blogger bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita akan dihadapkan pada susahnya membangun sebuah situs yang baru di tengah persaingan digital yang sangat ketat. Blogging membutuhkan waktu, kerja keras, passion, dan kegigihan. Jadi untuk menjadi seorang blogger, kualitas apa saja yang perlu kamu kembangkan?
Keunikan dari sebuah blog
Seorang blogger harus memiliki keunikan yang dapat menarik perhatian orang lain untuk mengunjungi situs mereka -bisa dari tampilan situsmu, gaya penulisan, atau bahkan konten. Keunikan tersebut akan menjadi pembeda blog kita dengan blog orang lain. Kita akan ditantang untuk menjadi inovatif, untuk dapat mengeksplorasi potensi diri kita dan menuangkannya di dalam setiap konten yang dibuat.
Kita harus dapat membangun sebuah konsep unik yang dapat membuat audiens tertarik mengunjungi blog kita secara berkala. Konsep dalam blog erat hubungannya dengan niche suatu blog -kumpulan dari topik yang menjadi fokus sebuah situs. Dalam menentukan niche sebuah blog kita harus mempertimbangkan topik apa yang kita kuasai, populer, dan juga bernilai jual tinggi. Seperti contohnya, apabila kamu tertarik mendalami bidang keuangan kamu bisa membahas topik-topik terkini mengenai hal tersebut, seperti resesi, e-money, peluang investasi, dan masih banyak lagi. Penerapan niche blog dapat membuat situs kita menjadi lebih fokus dan dikenal sebagai ahli di bidangnya.
Memang sulit untuk bisa menonjol dalam dunia blogging, tapi seorang kreator yang sukses akan menemukan cara untuk membuat apa yang mereka ciptakan menjadi menarik di mata publik. Kita dapat mengembangkan suatu gaya yang berbeda, yang belum pernah ditemukan di dalam media lain.
Konsistensi menciptakan konten untuk blog kita
Konsistensi adalah bagian penting untuk menjadi content creator yang sukses. Semua kreator harus memposting secara teratur. Hal ini tidak hanya membuktikan kreativitas kita, tetapi juga akan membantu blog kita untuk berada di puncak mesin pencari dan meningkatkan eksistensi blog kita.
Menjadi blogger memerlukan komitmen yang tinggi, mengingat konsistensi untuk mempertahankan sebuah blog merupakan hal yang penting. Kita perlu konsisten dalam menciptakan konten-konten yang baru dan berkualitas. Konsistensi dari sebuah blog menjadi penilaian penting dari audiens. Penerbitan konten secara teratur dapat menaikkan rate sebuah situs. Selanjutnya, untuk menentukan target reguler konten kita perlu menyesuaikan dengan tujuan dan sasaran market dari suatu platform. Mengabaikan blog kita sama saja dengan mengabaikan pembaca -artinya secara tidak langsung membuat mereka lupa akan eksistensi blog kita. Oleh karena itu, kita perlu secara konsisten meluangkan waktu untuk terus menghadirkan konten-konten bermanfaat bagi para audiens untuk mempertahankan situs kita.
Kritis dalam menyikapi fenomena di sekitar kita
Menjadi seorang konten kreator, kita dituntut untuk dapat menghadirkan perspektif baru mengenai berbagai hal. Pada dasarnya, kemampuan berpikir kritis menuntut kita untuk dapat bertindak jernih dan rasional mengenai apa yang harus dilakukan dan yang harus dipercayai. Sifat kritis membuat kita dapat melihat suatu topik tertentu melalui berbagai sisi, kita juga akan mencari berbagai dasar atas opini kita. Dalam menulis sebuah konten dalam blog, kita harus dapat membedakan topik-topik yang berkualitas dan sumber yang dapat dipercaya.
Beberapa orang hanya memperhatikan kuantitas konten mereka dan melupakan bahwa kualitas juga menjadi hal yang penting. Apabila kita dianggap gagal dalam menghadirkan konten yang berkualitas, audiens yang berkunjung juga semakin akan berkurang. Oleh karena itu, sifat kritis menjadi hal yang penting untuk menghadirkan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.
Konten seperti yang meanarik bagi audiens sebuah blog?
Kita telah mengunjungi banyak situs yang memberikan informasi yang kita butuhkan, namun pasti hanya beberapa yang membuat kita terkesan. Hal ini menunjukkan bahwa tantangan utama seorang blogger adalah membuat konten berkualitas yang dapat menarik minat audiensnya.
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun konten yang menarik di mata pembaca -mengembangkan cara kepenulisan yang unik, memaksimalkan Search Engine Optimization, visual yang menarik, dan masih banyak lagi. Setiap orang memiliki ruang bebas untuk berkreasi pada situs mereka. Namun, pada dasarnya ada beberapa elemen penting yang perlu dihadirkan dalam blog kita.Pada bukunya yang berjudul Elements of Content Strategy, Erin Kissane menjelaskan bahwa konten blog yang baik haruslah memperhatikan 3 (tiga) elemen ini: physical (fisik), emotional (perasaan), dan cognitive (pembelajaran).
Konten yang baik memberikan kesempatan pembaca untuk mengambil aksi
Blogger harus memastikan konten yang dibuat bersifat praktikal, artinya pembaca dapat memberikan interaksi nyata didalamnya. Konten yang actionable memberikan kesempatan bagi para pembacanya untuk secara nyata mengambil bagian dari konten mereka. Hal yang paling mudah adalah membuka kolom komentar yang mempermudah audiens memberikan pendapat mereka mengenai topik yang diberikan. Selanjutnya, kreator juga bisa mengembangkan gaya bahasa yang interaktif sehingga pembaca merasa lebih terlibat dalam konten tersebut.
Konten yang baik memberikan pelajaran tertentu bagi pembaca
Konten yang berkualitas akan memberikan informasi baru yang dapat mengembangkan pengetahuan audiens mereka. Kreator ditantang untuk menciptakan konten yang informatif dan berkualitas. Konten yang baik juga akan memberikan kesempatan bagi penciptanya untuk belajar dan berkembang. Jika kita ingin membagikan sesuatu yang bermanfaat dalam konten yang diciptakan, kita perlu bukti yang mendukung. Artinya, kita perlu mengumpulkan sumber dan penelitian yang terpercaya dalam menciptakan sebuah konten.
Konten yang baik memberikan pengaruh emosional bagi pembacanya
Setiap konten yang diciptakan oleh blogger merupakan opini dan suara pribadi penulisnya. Pada setiap katanya mengandung perasaan penulis terhadap suatu hal tertentu. Konten yang baik akan menyuarakan perasaan tersebut secara penuh, sehingga pembaca mendapatkan pengalaman dan pandangan yang baru terhadap suatu topik tertentu.
Saat ini, kreator dalam blog atau blogger menghadapi tantangan nyata untuk mempertahankan eksistensi situs mereka. Blogger ditantantang untuk terus berkreasi dan berinovasi setiap proses pembuatan konten blog mereka. Apabila kamu tertarik lebih lanjut untuk dapat menciptakan konten kreatif dan memperluas jangkauan blog kamu, kamu bisa mempelajarinya lewat Kognisi. Kursus ini akan dipandu oleh Nurulloh, Chief Operating (COO) Kompasiana. Kita dapat belajar untuk berekspresi dan berkarya lewat berbagai media online.